Selasa, 29 Maret 2016

PASAR OLIGOPOLI

Pasar Oligopoli adalah suatu pasar yang erdiri atas beberapa perusahaan atau produsen yang menjual produk homogen (sejenis). Pasar Oligopoli yang terjadi atas dua perusahaan atau dua penjual saja disebut pasar dupoli.

Ciri – ciri pasar Oligopoli:

1. Hanya mempunyai beberapa penjual dan pembeli
2. Barang dan jasa cendrung  di jual homogen (sejenis) jadi  tak banyak inovasi.
3.  Adanya saling ketergantungan antar produsen
4.  Harga penjualan tidak dapat mudah berubah
Contoh beberapa produk (barang atau jasa) yang pasar nya dapat dikatakan yang mendekati oligopoly, antara lain:

a. Oligopoli murni: Menjual barang yang homogen (sejenis)
Contoh : Pasar Semen

Oligopoli Diferensial: Menjual barang yang berbeda corak
Contoh: Pasar mobil

Kelebihan dan kekurangan pasar Oligopoli:

Kelebihan pasar Oligopoli:

1.Memberikan kebebasan memilih bagi konsemen
2. Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual
3. Adanya penerapan teknologi baru

Kekurangan Pasar Oligopoli:
1. -Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
2. Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
3. Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
4. Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
5. Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
6. Bisa berkembang ke arah monopoli

Contoh barang produk Pasar Oligopoli:

Industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar