Pasar Oligopoli adalah suatu pasar yang erdiri atas beberapa perusahaan atau produsen yang
menjual produk homogen (sejenis). Pasar Oligopoli yang terjadi atas dua
perusahaan atau dua penjual saja disebut pasar dupoli.
Ciri – ciri pasar Oligopoli:
1. Hanya mempunyai beberapa penjual dan
pembeli
2. Barang dan jasa cendrung di jual homogen (sejenis) jadi tak banyak inovasi.
3. Adanya saling ketergantungan antar
produsen
4. Harga penjualan tidak dapat
mudah berubah
Contoh beberapa produk (barang atau
jasa) yang pasar nya dapat dikatakan yang mendekati oligopoly, antara lain:
a. Oligopoli murni: Menjual barang yang homogen
(sejenis)
Contoh : Pasar Semen
Oligopoli Diferensial: Menjual barang yang berbeda
corak
Contoh: Pasar mobil
Kelebihan dan kekurangan pasar Oligopoli:
Kelebihan pasar Oligopoli:
1.Memberikan kebebasan memilih bagi konsemen
2. Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena
adanya persaingan penjual
3. Adanya penerapan teknologi baru
3. Adanya penerapan teknologi baru
Kekurangan Pasar Oligopoli:
1. -Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
2. Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
3. Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
4. Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
5. Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
6. Bisa berkembang ke arah monopoli
2. Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
3. Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
4. Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
5. Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
6. Bisa berkembang ke arah monopoli
Contoh barang produk Pasar Oligopoli:
Industri semen di Indonesia, industri mobil di
Amerika Serikat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar