PASAR
MONOPOLI DAN PASAR OLIGOPOLI
PASAR MONOPOLI.
Pasar monopoli adalah suatu pasar yang suatu bentuk
interaksi pasar antara permintaan dan penawaran dimana ada satu produsen yangt
berhadapan kepada pada banyak konsumen atau permintaan dan penawaran.
Ciri cirri Monopoli:
1. Tidak memiliki barang subtisuti (barang
pengganti)
2. Produsen yang menguasai pasar dengan jumlah
pembeli yang sangat banyak.
3. Menetapkan hak
paten atau hak
cipta dan hak
eksklusif pada suatu barang, yang biasanya diperoleh melalui peraturan pemerintah.
4.
Produsen memiliki kekuatan
menentukan harga .
5. Promosi iklan
kurang dibutuhkan, di karenakan konsemen akan membeli barang kepada perusahaan
tersebut karne tidak ada pilihan lain.
Contoh beberapa produk (barang atau jasa) yang pasarnya dapat
dikatakan mendekati monopili, antara lain : Telkom, PLN, PT KAI, Pertamina,
PDAM.
Monopoli bisa timbul
karena adanya beberapa hal, yaitu:
1. Faktor Alam
2. Peraturan
Pemerintah
Kelebihan pasr monopoli:
1. Produsen memiliki keuntungan yang tinggi
2. Akan adanya keseimbangan pasar
Kekurangan pasar monopoli:
1. Mempersuli perusahan lain ingin berkerja sama
antara produsen.
2. Menciptakan ketimpangan
distribusi pendapatan
PASAR OLIGOPOLI
Pasar Oligopili adalah suatu pasar yang erdiri atas beberapa perusahaan atau produsen yang
menjual produk homogen (sejenis). Pasar Oligopoli yang terjadi atas dua
perusahaan atau dua penjual saja disebut pasar dupoli.
Ciri – ciri pasar Oligopoli:
1. Hanya mempunyai beberapa penjual dan
pembeli
2. Barang dan jasa cendrung di jual homogen (sejenis) jadi tak banyak inovasi.
3. Adanya saling ketergantungan antar
produsen
4. Harga penjualan tidak dapat
mudah berubah
Contoh beberapa produk (barang atau
jasa) yang pasar nya dapat dikatakan yang mendekati oligopoly, antara lain:
a. Oligopoli murni: Menjual barang yang homogen
(sejenis)
Contoh : Pasar Semen
Oligopoli Diferensial: Menjual barang yang berbeda
corak
Contoh: Pasar mobil
Kelebihan dan kekurangan pasar Oligopoli:
Kelebihan pasar Oligopoli:
1.Memberikan kebebasan memilih bagi konsemen
2. Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena
adanya persaingan penjual
3. Adanya penerapan teknologi baru
3. Adanya penerapan teknologi baru
Kekurangan Pasar Oligopoli:
1. -Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
2. Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
3. Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
4. Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
5. Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
6. Bisa berkembang ke arah monopoli
2. Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
3. Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
4. Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
5. Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
6. Bisa berkembang ke arah monopoli
Contoh barangproduk Pasar Oligopoli:
Industri semen di Indonesia, industri mobil di
Amerika Serikat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar