Minggu, 27 Maret 2016

Pengertian, Ciri-ciri, dan kelebihan dan kelemahan Pasar Monopoli dan Pasar Oligopoli

PASAR MONOPOLI DAN PASAR OLIGOPOLI

PASAR MONOPOLI.
Pasar monopoli adalah suatu pasar yang suatu bentuk interaksi pasar antara permintaan dan penawaran dimana ada satu produsen yangt berhadapan kepada pada banyak konsumen atau permintaan dan penawaran.
Ciri cirri Monopoli:
1. Tidak memiliki barang subtisuti (barang pengganti)
2. Produsen yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak.
3. Menetapkan hak paten atau hak cipta dan hak eksklusif pada suatu barang, yang biasanya diperoleh melalui peraturan pemerintah. 
4.   Produsen memiliki kekuatan menentukan harga .
5. Promosi iklan kurang dibutuhkan, di karenakan konsemen akan membeli barang kepada perusahaan tersebut karne tidak ada pilihan lain.
Contoh beberapa produk (barang atau jasa) yang pasarnya dapat dikatakan mendekati monopili, antara lain : Telkom, PLN, PT KAI, Pertamina, PDAM.
Monopoli bisa timbul karena adanya beberapa hal, yaitu:
1. Faktor Alam
2. Peraturan Pemerintah
Kelebihan pasr monopoli:
1. Produsen memiliki keuntungan yang tinggi
2. Akan adanya keseimbangan pasar
Kekurangan pasar monopoli:
1. Mempersuli perusahan lain ingin berkerja sama antara produsen.
2. Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan


PASAR OLIGOPOLI
Pasar Oligopili adalah suatu pasar yang erdiri atas beberapa perusahaan atau produsen yang menjual produk homogen (sejenis). Pasar Oligopoli yang terjadi atas dua perusahaan atau dua penjual saja disebut pasar dupoli.

Ciri – ciri pasar Oligopoli:
1. Hanya mempunyai beberapa penjual dan pembeli
2. Barang dan jasa cendrung  di jual homogen (sejenis) jadi  tak banyak inovasi.
3.  Adanya saling ketergantungan antar produsen
4.  Harga penjualan tidak dapat mudah berubah
Contoh beberapa produk (barang atau jasa) yang pasar nya dapat dikatakan yang mendekati oligopoly, antara lain:
a. Oligopoli murni: Menjual barang yang homogen (sejenis)
Contoh : Pasar Semen
Oligopoli Diferensial: Menjual barang yang berbeda corak
Contoh: Pasar mobil
Kelebihan dan kekurangan pasar Oligopoli:
Kelebihan pasar Oligopoli:
1.Memberikan kebebasan memilih bagi konsemen
2. Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual
3. Adanya penerapan teknologi baru
Kekurangan Pasar Oligopoli:
1. -Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
2. Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
3. Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
4. Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
5. Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
6. Bisa berkembang ke arah monopoli
Contoh barangproduk Pasar Oligopoli:

Industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar