Cara presentasi yang baik
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.
Menurut pakar American Management Association ada 10 aturan jika ingin berkomunikasi dengan baik:
- Jelaskan konsep/ide Anda sebelum berkomunikasi,
- Teliti tujuan sebenarnya dalam komunikasi,
- Pertimbangkan suasana lingkungan dan waktu,
- Hubungan pihak lain,
- Waspada atas nada dan isi berita,
- Komunikasikan seseorang yang membantu dan bernilai bagi penerima,
- Tindak lanjut komunikasi,
- Komunikasi untuk waktu yang akan datang pula,
- Tindakan konsisten dengan kata,dan
- Menjadilah pendengar yang baik.
Tips cara presentasi dengan baik:
- Siapkanlah topik yang menarik
- Berikanlah senyuman dan salam kepada para audience.
- Beikanlah intonasi yang jelas saat presentaasi tersebut.
- Berikan lah beberapa aksi atau perkataan menarik agar para audience tersebut untuk memperhatikan anda.
- Jika anda gugup saat presentasi, berdoa lah terslebih dahulu. Kalau anda mempunyai cara sendiri untuk menghilangkan rasa gugup tersebut, lakukanlah terlebih dahulu. Kalau cara saya untuk menghilangkan gugup dengan cara mempresentasikan kepada teman saya terlebih dahulu.
- Berilah pertanyaan-pertanyaan menarik, jika audience menjawab berikan lah sebuah hadiah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar